Sabtu, 03 September 2022

Secondary Dominant Chord

Secondary Dominant Chord adalah Chord yang mempunyai fungsi sebagai chord dominant terhadap chord lain tetapi bukan chord V milik nada dasar.

Sebagaimana kita tahu, chord "Dominant" berarti chord kelima dalam sebuah family chord. tetapi dalam secondary dominant chord, chord ini hanya auxiliry (pelengkap, aksesoris), chord yang disiapkan untuk "menuju" chord asli. Bisa juga kita sebut "chord pinjaman" (borrowed chord)

Bagaimana cara menggunakan Secondary Dominant Chord

Contohlah kita di nada dasar C sedang di akhir lagu dengan progresi G - C ( V - I ) dimana G (V) sebenarnya adalah chord dominant  dari family Chord tangga nada C, tetapi kita bisa menambahkan Secondary Dominant Chord sebelum chord C yaitu G7, jadi urutan chordnya menjadi G - G7 - C. lebih jauh lagi, segelum chord G kita juga bisa menambahkan Secondary Dominant Chord lagi yaitu D7, jadi sehingga urutan Chord menjadi D7 - G - G7 - C.

jadi Secondary Dominant Chord adalah chord kelima dari kord yang akan kita tuju, lebih jauh lagi kita juga bisa memanfaatkan circle of fifth untuk memudahkan mencari kord dominant yang akan digunakan.

circle of fifth untuk memudahkan mencari Secondary Dominant Chord
Misalkan kita akan meuju kord A, maka Secondary Dominant Chord-nya adalah E7, ini berlaku untuk Kord A mayor maupun A minor, tidak akan menjadi masalah.

kita juga bisa improvisasi kord dengan Secondary Dominant Chord memanfaatkan circle of fifth, seperti yang biasa dipakai di musik - musik jazz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar