Kamis, 20 Oktober 2022

Mengenal Drum Corps International

Drum Corps International (DCI) adalah organisasi nirlaba yang menyelenggarakan kompetisi regional musim panas untuk ansambel perkusi dan alat tiup brass yang disebut drum corps. Kompetisi DCI pertama berlangsung pada tahun 1972 dengan tujuh korps yang berpartisipasi. Saat ini, ada lebih dari 100 korps drum DCI yang berpartisipasi. Drum corps berkompetisi sebagai Kelas Dunia (sebelumnya Divisi I), Kelas Terbuka (sebelumnya Divisi II/II), atau SoundSport, Kelas Semua Umur. Musim kompetisi biasanya berlangsung dari akhir Mei hingga awal Agustus, yang berpuncak dengan Kejuaraan Dunia DCI. Pada tahun 2018, kantor pusat Drum Corps International telah pindah ke Indianapolis, Indiana

Drum Corps International (DCI) adalah organisasi nirlaba yang menyelenggarakan kompetisi regional musim panas untuk ansambel perkusi dan alat tiup yang disebut drum corps.

DCI didirikan pada tahun 1972 oleh Jim Schuster, yang kemudian menjabat sebagai Direktur Eksekutif sampai tahun 2000 ketika ia pensiun dari posisi tersebut. Direktur Eksekutif saat ini, Brad Parker, telah menduduki jabatan ini sejak tahun 2001.

Photo by Katrina Berban on Unsplash

Tujuan DCI adalah untuk mempromosikan keunggulan dalam marching band sekolah menengah di seluruh dunia melalui kegiatan kompetitif seperti festival marching band, pertunjukan lapangan dan acara kejuaraan seperti Kejuaraan Dunia (WDC) atau Grand Nationals (GN). Selain mempromosikan pendidikan musik yang hebat bagi kaum muda di seluruh dunia melalui acara-acara ini, DCI juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk tampil dengan rekan-rekan mereka di luar kampung halaman mereka sehingga mereka dapat melihat jenis musik apa saja yang ada di luar sana selain hanya musik jazz atau klasik yang dimainkan oleh para profesional dengan instrumen seperti biola.

Drum corps berkompetisi sebagai Kelas Dunia (sebelumnya Divisi I), Kelas Terbuka (sebelumnya Divisi II/II), atau SoundSport, Kelas Semua Umur.

Dunia drum corps dibagi menjadi tiga jenis kompetisi: Kelas Dunia, Kelas Terbuka dan SoundSport.

Kelas Dunia - Ini adalah tingkat kompetisi tertinggi dalam drum corps. Kelompok-kelompok ini biasanya didirikan sebagai kelompok sekolah dengan keanggotaan terbatas pada siswa dari satu sekolah menengah atau perguruan tinggi, tetapi mereka dapat terbuka untuk siapa saja pada usia berapa pun. Mereka memiliki marching band penuh, yang berarti bahwa mereka bermain selama pertunjukan mereka bersama dengan musisi lain yang memainkan instrumen di atas panggung (misalnya, gitaris).

Kelas Terbuka - Kelompok kelas terbuka mirip dengan kelompok di Divisi II/II tetapi tanpa marching band yang hadir di kompetisi.

Musim kompetisi yang khas berlangsung dari akhir Mei hingga awal Agustus, yang berpuncak dengan Kejuaraan Dunia DCI.


Musim kompetisi biasanya berlangsung dari akhir Mei hingga awal Agustus, yang berpuncak dengan Kejuaraan Dunia DCI.


Turnamen dimulai dengan babak penyisihan kompetisi drum corps di berbagai lokasi di seluruh Amerika Utara. Unit-unit ini dinilai berdasarkan kemampuan teknis dan dampak visualnya oleh para juri yang meninjau mereka secara langsung dan online. Mereka kemudian melanjutkan ke babak "Sweet 16" di mana mereka bersaing satu sama lain untuk memperebutkan tempat di babak semifinal/final minggu depan yang diadakan di berbagai tempat di seluruh Amerika Utara antara pertengahan Juli dan pertengahan Agustus (tergantung lokasi).

Setiap tahun, 12 korps yang finis teratas di Kejuaraan Dunia dinobatkan sebagai Finalis Kelas Dunia (sebelumnya Finalis Divisi I) dan dianggap sebagai elit Liga Utama Marching Music™.

Setiap tahun, 12 korps yang finis teratas di Kejuaraan Dunia dinamakan Finalis Kelas Dunia (sebelumnya Finalis Divisi I) dan dianggap sebagai elit dari Liga Utama Musik Marching™. Mereka berkompetisi dalam divisi yang disebut Kelas Dunia, yang dianggap sebagai tingkat kompetisi tertinggi. Ada divisi lain yang lebih rendah dari kelas dunia, termasuk Divisi II dan III.

Kesimpulan

Tujuan utama Drum Corps International adalah untuk memberikan kesempatan bagi para musisi muda untuk mengembangkan keterampilan mereka, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang seni marching dan musik, sambil bertemu dengan orang-orang yang berdedikasi lainnya dengan tujuan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar